Bisnis yang cocok untuk kita

Sering kali kita dibuat bingung dan ragu tentang usaha atau bisnis apa yang cocok untuk kita ketika kita mempunyai uang atau modal dan ingin membuka usaha atau wiraswasta atau bisnis kecil kecilan karena modal kita pas pasan. Banyak sekali bidang bisnis yang menggiurkan ketika seseorang menceritakan tentang keberhasilan mereka atau keseuksesan mereka dalam menggeluti bidang usahanya. Misalkan usaha kuliner, peternakan, home industri. Tentunya kita dibuat bingung bisnis yang mana yang harus dipilih untuk di geluti. Kalau tidak pandai-pandai dalam menjalankan bisnis yang dipilih kita akhirnya akan bangkrut atau merugi.


Disini saya akan memberikan sedikit solusi atas apa yang saya baca dan pelajari dari berbagai sumber tentang tips memilih usaha atau bisnis uang cocok untuk kita.

Dalam memilih bisnis atau usaha kita tidak selalu terinspirasi atau tergiur dengan mereka yang telah berhasil dalam menjalankan usaha dalam berbahai bidang. karena itu semua belum tentu cocok dan bisa kita jalankan.  ini dia sedikit tips yang mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan dalam memilih usaha atau bisnis yang cocok untuk anda.
Tips dan Cara  Memilih Bisnis Atau Usaha yang Cocok Untuk Kita


* Yang paling utama dan penting dalam memilih jenis usaha adalah yang sesuai dengan hoby atau keahlian kita, misalnya kalau kita punya hobby dengan masak atau makan maka gak ada salahnya anda mencoba untuk membuka usaha kuliner atau seperti warung nasi atau restoran, kalau kita punya hobby memelihara binatang maka kita bisa coba untuk bisnis peternakan. kalau kita punya hoby shopping online atau browsing internet maka kita bisa belajar di bidang bisnis online, karena dalam dunia online tidak sedikit orang yang mempunyai penghasilan besar dan menjadi sumber mata pencaharianya. dan masih banyak lagi , intinya adalah kita coba memilih jenis bisnis dengan apa yang kita suka sesuai hobby kita masing masing karena kita akan merasa mampu untuk mengelola karena semua itu biasa anda kerjakan sebelum terjun kedunia bisnis dengan memilih jenis bisnis dari apa yang kita bisa dan sukai.

* Kita perhitungkan pilihan bisnis dengan uang atau modal yang kita punya
karena banyak dari jenis bisnis usaha yang memerlukan modal yang besar. usahakan kita memiliki modal 3x lipat yaitu dengan perhitungan 1 untuk bahan baku atau cadangan untuk peralatan yang mungkin perlu di ganti secara rutin. 1 untuk gaji karyawan apabila kita memilikinya. dan 1 lagi untuk stock produk atau barang kita. karena terkadang konsumen atau pasar akan terjadi macet atau tidak membayar tepat waktu mungkin juga anda terkena resiko penipuan oleh klien atau konsumen kita.

* Kita mengetahui target konsumen atau pasar.
karena itu akan menjadi pokok dalam bisnis kita. kemana barang atau jasa kita di salurkan atau di jual.
 - melihat persaingan pasar dengan bisnis yang sama yang akan kita jalani.
karena kalau kita terlalu banyak saingan apalagi dengan modal kita dan pas pasan mungkin bisnis kita akan kalah persaingan apalagi saingan kita adalah mereka yang sudah berdiri terdahulu dan sudah besar.

* Mengontrol keluar masuk barang atau penghasilan dan penerimaan secara tertulis dan terjadwal.
karena dengan cara ini memanage perusahaan atau bisnis kita agar tidak terjadi kejanggalan atau resiko kehilangan dll.

-  dan yang ini sangatlah penting dalam kehidupan kita dan bisnis kita. selalu minta restu atau doa dari orang tua kita. dan tentunya kita harus berdoa kepada tuhan yang maha esa supaya kita di beri kelancaran dan keberhasilan dalam menjalankan busnis kita juga kita jangan lupa untuk bersyukur atas nikmat yang telah tuhan berikan kepada kita.

Comments

Popular Posts