Musang raja Vlok

Musang raja Vlok

Raja Vlok berjulukan Raja Salju. Wajahnya serupa dengan serpihan salju dan giginya-giginya dari es. Dia tinggal dalam sebuah istana yang dibangun dengan balok-balok es dan selalu beterbangan serpihan-serpihan salju di sekelilingnya.
Raja Vlok secara berulang-ulang berjalan melewati lapangan salju. Witstaart, seekor musang berada di dekatnya. Musang ini sangat cerdik dan bahkan dapat berbicara.

Pada suatu ketika, Raja berdiri memandang gunung salju yang tinggi, dimana Winterheks tinggal.
“Kau tahu apa yang akan aku lakukan, Witstaart?” tawanya. “Aku akan mendaki gunung ini.”
“Oh tidak,” seru Musang terkejut. “Anda tahu bahwa itu dilarang. Gunung itu dibawah penguasaan Winterheks dan tidak ada seorang pun boleh mendaki ke sana.”
“Aku yang akan melakukannya,” ucap Raja yakin. “Dan kau boleh ikut, Witstaart.” Musang menganggukan kepala dan berpikir:
“O, o, alangkah bodohnya Rajaku.”
Tetapi ya, Raja adalah majikannya, jadi Musang berjalan mengikuti Raja ke atas gunung. Perjalanan itu sangat sulit.  Sangat banyak jalan yang berliku-liku dan mereka menjadi sakit. Tapi mereka menahannya. Perjalanan diteruskan. Makin tinggi dan makin tinggi. Sesudah satu jam akhirnya mereka sampai ke puncak gunung itu. Raja gembira dan berseru:
“Lihatlah sekarang, Witstaart! Aku bisa melihat seluruh negeri saljuku dari sini. Apakah kau menganggapnya tidak bagus dan kau tidak gembira sebab kau telah menyertaiku?”

Musang melihat sekeliling dan kau tahu saat penglihatannya yang tajam melihat sesuatu?
Dia melihat bahwa gunung salju itu sudah berubah menjadi gunung es yang sangat licin. Winterheks yang telah melakukan itu. Dia tiba-tiba saja sudah berdiri di muka mereka dan tertawa dengan nada marah:
“Hahaha! Sekarang aku menangkap kalian. Aku akan mencegah agar kalian tidak pernah lagi mendaki gunung ini.” Dia lenyap dengan segera.
“Apa yang akan aku lakukan?” tanya Raja ketakutan dan dia melihat ke arah kaki gunung di bawah. Ui, ui, semua yang dilihatnya licin dan mengerikan!
Raja ketakutan. Tetapi musang cerdik itu punya gagasan. Dia mau menggelindingkan Raja di dalam salju yang masih tergeletak di tempat mereka berdiri. Sepertinya sangat lama sampai Raja menjadi sebuah bola salju yang tebal dan besar. Sesudah itu dia melepaskan bola salju itu bergulir ke bawah dari gunung yang licin itu.
Itu berlangsung mengasyikkan dan Raja tidak merasa sakit sedikit pun. Sewaktu dia sudah mendarat dengan aman di bawah, Witstaart sendiri mulai menutup dirinya di dalam salju. Sepertinya sangat lama sampai dia menjadi sebuah bola salju. Dan ketika: holder-de-bolder, dia menggelinding dirinya turun dari gunung dan menjatuhkan salju yang menempel padanya dan  tertawa.
“Itu bagus juga sebab kau jadi mandi di dekatku,” ucap Raja gembira kepada musangnya. “Kau paham betul terutama mengenai gagasan yang baik.”
Musang mengangguk dan berkata:
“Anda sebaiknya tidak usah lagi mendaki gunung itu karena Winterheks perempuan yang jahat.”

Raja kemudian berjanji dan sejak saat itu dia tidak mau lagi melakukannya.

Comments

Popular Posts