Roti hangat

 Roti hangat

Bel berbunyi. Aku akan membukanya, seru Jip. Tidak, aku! Teriak Janneke.
Mereka berdua berlari melalui gang. Jip duluan. Dia membuka pintu. Tukang roti datang. Begitulah anak kecil, kata dia.
Siang tukang roti, kata Jip. Siang tukang roti, kata Janneke.
Apa yang kalian perlukan? tanya tukang roti. Sebentar ya, kata Jip. Dia  memanggil: Ibu! Tetapi tidak ada jawaban. Ibu masih ada di ruangan atas.
Apa yang harus aku ambil sekarang ? tanya Jip. Ambillah setengah putih dan setengah sawo matang, kata Janneke.


Bocah baik, kata tukang roti. Ini dia. Sampai besok. Sampai besok, kata Jip dan Janneke.
Letakkan roti di dapur, kata Janneke. Tidak, kata Jip. aku akan perlihatkan roti itu kepada ibu. Dia memegang dua roti itu di bawah lengannya. Dia naik tangga menuju ruang atas. Ibu! panggil dia. Tetapi ibu tidak berada di atas ruangan atas. Juga tidak di dalam kamar. Tidak pula di dapur. Jip mencari kemana-mana. Janneke mengikuti dengan cepat di belakangnya.
Di gudang batu bara mungkin, kata dia.
Jip membuka gudang batubara. Tapi dia melakukannya sangat buru-buru. Di atas hidungnya. Roti setengah putih terletak di dalam batubara. O, o,  betapa kotornya. Roti itu menjadi hitam seluruhnya.
Mari kita cuci, kata Janneke. Di bawah kran. Mereka memegang roti itu di bawah kran. Warna hitam memang hilang, tetapi roti menjadi basah. Apalagi yang kalian lakukan kini? tanya ibu. Dia datang secara tiba-tiba. Dia datang dari kebun. Apa kalian lakukan di situ? tanya dia. Roti di bawah kran?
Jip menceritakan semuanya. Janneke berkata: Ya. Jip tidak dapat membantu. Dia mencari ibu dan setelah itu dia terjatuh dalam gudang batu bara.
Yaa, kata ibu. Itu tindakan ceroboh, sayang. Tetapi kau tahukah sesuatu? Kita akan menaruh roti itu dalam oven sore ini. Lalu dikeringkan lagi. Tengah hari mereka makan roti hangat. Di luar oven. Roti ini enak, kata ayah. Sangat hangat. Kau harus membuatnya sekali lagi. Ibu tertawa. Jip tertawa pula. Tetapi mereka tidak menceritakan kepada ayah mengapa mereka tertawa

Comments

Popular Posts