Target Pasar


Custom Search
Menentukan Target Pasar
Dalam istilah pemasaran, pasti anda sudah pernah atau sering mendengar istilah segmentasi pasar. Segmentasi pasar atau yang kita kenal sebagai pembagian pasar menjadi kelompok-kelompok kecil memang sangat perlu untuk dilakukan dalam mempersiapkan bisnis.

Oleh karena itu di awal ini kita harus melakukan segmentasi pasar dan menentukan siapa saja kalangan yang akan jadi target pasar toko online kita nanti. Segemnatasi pasar ini sangat penting sebab akan mempengaruhi berbagai strategi toko online yang Anda gunakan, bagaimana strategi mendesain toko online anda, bagaimana menulis bahasa penawaran, semuanya akan sangat bergantung kepada siapa target pasar anda.


Kalau target pasar Anda adalah kalangan anak muda maka jelas desain toko online harus dibuat fun, menarik dan sesuai dengan gaya anak muda. Kemudian bahasa penawaran yang anda lakukan juga perlu dibuat sesuai dengan kalangan anak muda, dan banyak lagi hal yang dipengaruhi oleh segmentasi pasar.



Berdasarkan pengalaman pribadi saya sebagai pebisnis internet, ada 2 hal yang perlu Anda perhatikan dalam menentukan segmentasi pasar, yaitu:

  • Harga Produk Anda. Harga jual produk Anda juga sangat mempengaruhi segmentasi pasar yang Anda bidik, contohnya produk fashion dengan harga ratusan ribu Rupiah akan kurang cocok bagi target pasar remaja biasa, sebab barangkali akan terlalu berat di kantong pelajar.  Jadi dikaitkan dengan daya beli dan minat dari segmentasi pasar yang Anda tuju.
  • Tipikal Produk Anda. Tipe dari produk Anda juga akan mempengaruhi siapa target pasar Anda. Jika produk Anda adalah kurang diminati anak muda maka jelas target pasar anak muda bukanlah target yang tepat. Misalnya jika Anda menjual buku-buku dengan topik filsafat atau ideologi maka biasanya produk semacam itu kurang diminati oleh kalangan anak muda, untuk itu jangan membidik segmen pasar anak muda.
Bersambung

Comments

Popular Posts