Tempat Wisata Yang patut Dikunjungi di Jakarta Indonesia


Custom Search
Sebagai ibukota negara Indonesia, wilayah ini cukup banyak memiliki obyek kunjungan yang direkomendasikan bagi pelancong baik dari dalam maupun luar negeri. Adapun obyek menarik yang dapat anda kunjungi saat berlibur ke Jakarta antara lain:
Ocean Ecopark
1. Ocean Ecopark. Tempat rekreasi terbaru di Jakarta yang menyulap padang golf Ancol sebagai lokasi wisata favorite keluarga yang menyenangkan dengan luas area 34 hektar. Konsep liburan dengan cara bermain dan belajar botani di alam terbuka (green lifestyle) ini sangat menyenangkan. Keunikannya adalah anda dan anak-anak dapat belajar menanam, bersepeda, top-tree walking. melihat rumah lebah, kano, paintball (khusus 14 tahun ke atas) dan outboundholic.


Di sini juga tersedia eco-market yang tentu disukai kaum wanita khususnya sang ibu untuk memberikan oleh-oleh bagi kerabat. Harga tiket masuk ke ecopark akan kami ulas tersendiri karena tergantung macam permainan yang anda ingin gunakan. Kisarannya di harga Rp. 25.000 hingga Rp. 180.000 tergantung hari dan jenis permainan.
Samudra Dolphin Park
2. Samudra Dolphin Park. Liburan ke tempat wisata non mainstream di wilayah Jakarta maupun secara umum di Indonesia, salah satunya dengan mengunjungi Samudra Dolphin Park. Melihat kelincahan dan kecerdasan lumba-lumba yang terlatih merupakan hal yang membuat keluarga terutama anak-anak menjadi ceria lebih maksimal. Bukan saja binatang cerdas tersebut yang bisa dinikmati di sini, karena masih ada Singa laut, burung kakak tua yang lucu dan bahkan wahana 4 dimensi dan stuntman show yang keren dan pertunjukkannya unik serta menakjubkan. Tertarik mengunjungi tempat unik ini? Wisatawan dikenakan tiket masuk Samudra Dolphin Park Ancol Jakarta dengan biaya Rp. 150.000 per orang.
Ice Skating Taman Anggrek
3. Ice Skating di Sky Rink. Lokasi tempat wisata bermain ski es yang sangat populer ini berada di mall Taman Anggrek Jakarta. Arena ice skating terluas di Asia Tenggara ini merupakan konsep wisata unik dan tidak ditemukan di kota lain, yang menghadirkan permainan meluncur di es di wilayah tropis seperti di Indonesia. Tidak perlu berlibur jauh hingga keluar negeri jika tujuannya hanya ingin merasakan Ice Skating. Harga tiket masuk Sky Ring ini sebesar Rp. 65.000 per orang untuk hari biasa. Sedangkan di akhir pekan maupun saat hari libur dikenakan tarif sebesar Rp. 85.000 untuk 2 jam.
Taman Impian Jaya Ancol
4. Taman Impian Jaya Ancol. Tempat berwisata dan liburan yang mengasyikan bagi warga yang tinggal di Jakarta maupun dari tempat lain, yang menawarkan serunya wahana permainan di Dufan, Sea World, Kolam renang Atlantis atau di pantai Ancol. Tempat unik yang spektakuler ini juga menyediakan mall, resto, bahkan dermaga kapal pesiar menuju kepulauan seribu. Kawasan di utara ibukota ini memang mengkhususkan hiburan keluarga bagi segala umur. Lokasinya ada di wilayah utara, jika anda berangkat dari pusat kota (monas), maka hanya sejauh 7 kilometer saja.
Monumen Nasional
5. Monumen Nasional (Monas). Monumen dengan tinggi 132 meter yang didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Hindia Belanda. Pembangunan monumen ini dimulai pada tanggal 17 Agustus 1961 di bawah perintah presiden Sukarno, dan dibuka untuk wisatawan umum pada tanggal 12 Juli 1975. Puncaknya berupa emas murni dengan berat 35 kilogram adalah keunikan yang ingin dilihat oleh banyak orang. Dari atas tempat wisata favorite ini, anda dapat melihat sekeliling kota Jakarta. Di bagian bawah tempat wisata ini (pintu masuk) berupa museum bersejarah dengan berbagai diorama.
Kidzania
6. Kidzania. Merupakan tempat wisata di Jakarta yang paling populer di kalangan anak-anak. Lokasinya di lantai atas mall Pasific Place yang berada dekat dengan Polda Jaya dan gedung Bursa Efek di jalan Sudirman. Secara tidak sadar, sebenarnya anak-anak akan belajar di sini. Edutainment yang kental sangat terasa, walaupun kemasan fun cukup cerdik ditampilkan oleh pengelola. Harga tiket masuk Kidzania ditetapkan sebesar Rp. 50.000 hingga Rp. 250.000, tergantung usia dan hari kedatangan. Sekedar info saja, tarif tertinggi dikenakan untuk kelompok umur 4 th – 16 th pada hari libur (non weekend). Masuk ke Kidzania ada dua sesi (saat weekend dan hari libur) yang masing-masing maksimal durasinya 7 jam. Sedangkan hari senin-kamis hanya tersedia satu sesi dari jam 9 pagi hingga jam 4 sore.
Taman Mini 
7. Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Tempat wisata ini menyediakan wahana permainan cukup lengkap, wisata budaya dan ilmu pengetahuan. Obyek ini dikatakan sebagai versi mini dari nusantara karena menyediakan berbagai rumah adat dan budaya yang ada di seluruh Indonesia. Beberapa wahana yang paling sering dikunjugi adalah teater keong mas yang unik, kereta gantung, kolam renang “snowbay” serta istana anak-anak Indonesia. Lokasi Taman Mini berada di Jakarta Timur di wilayah Cipayung. Tempat wisata ini sering mengalami kemacetan yang cukup panjang pada hari libur maupun akhir pekan. Jadi pastikan anda datang sejak pagi hari ke TMII, agar terhindar dari macet dan mendapatkan parkir yang strategis.
Kawasan Kota Tua
8. Kawasan Kota Tua. Tempat wisata yang difavoritkan oleh para fotografer ini terletak di Jakarta Pusat yang berbatasan dengan wilayah utara. Biasanya mereka datang menjelang sore, masuk ke salah satu gedung tua bersama team dan para foto model, lalu mengambil gambar dengan efek cahaya di jendela yang terbuka. Lokasi ini juga merupakan sarana rekreasi yang disukai oleh anak muda karena cafe-cafe dengan live musik-nya, serta sebagai tempat ngumpul para penggemar sepeda tua (onthel) yang unik dan dicat warna-warni.
Kebun Binatang Ragunan
9. Kebun Binatang Ragunan. Kebun binatang yang dikenal sebagai yang pertama di Indonesia. Tiket masuknya juga tidak sampai Rp. 30.000 per orang. Sebagai tempat liburan murah dan cukup unik karena berisi beberapa hewan langka yang lucu, tempat wisata ini selalu diserbu saat hari libur oleh pengunjung baik dari Jakarta maupun dari luar kota. Jika anda membawa anak-anak saat liburan ke ibukota, jangan lupa ajak mereka ke kebun binatang Ragunan ini.
Kepulauan Seribu
10. Kawasan Kepulauan Seribu. Berada di teluk Jakarta yang menyediakan ribuan pulau indah baik berpenghuni maupun tidak. Di sinilah keunikannya. Jumlahnya yang ribuan dan berdekatan membuat penasaran wisatawan. Jika ingin menyeberang ke tempat wisata alam yang ada di Jakarta ini, sebaiknya dari pelabuhan Muara Karang. Jika anda berangkat dari kawasan Ancol, maka harus menyewa kapal pesiar secara private dengan harga yang cukup mahal. Tempat yang lazim dikunjungi adalah pulau Tidung, Pari, Bidadari, Ayer, pulau Harapan serta pulau Onrust yang memiliki sisa-sisa benteng jaman penjajahan dan sering dikunjungi oleh fotografer pemburu sunset. Ke tempat favorite dan unik ini sangat mutlak membawa kamera karena panorama sangat indah.
Waterboom Cikarang
11. Waterboom yang seru. Di ibukota Indonesia ini, anda dapat menemukan banyak waterboom (water adventure), yaitu kolam renang modern yang sarat dengan teknologi tinggi untuk memanjakan wisatawan. Silakan tentukan wilayah yang terdekat dengan anda jika ingin berkunjung ke tempat wisata modern ini. Di Jakarta, beberapa waterboom unik  dan favorite diantaranya: Kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK), Atlantis Ancol, Snowbay TMII, Lippo Cikarang, El Dorado di Cibubur, Depok Fantasi Waterpark, dan yang paling unik dari semuanya adalah Sentul Paradise Park yang mencoba menggabungkan air terjun alami (Bidadari/Bojongkoneng) dan di bawahnya tersedia waterboom. Unik dan seru, bukan?
Pasar Tanah Abang
12. Lokasi Belanja Murah. Bagi wisatawan dari daerah lain yang berkunjung ke Jakarta, pasti menyempatkan diri mengunjungi beberapa lokasi belanja unik yang dikenal murah. Mengapa dikatakan unik? Karena yang anda kunjungi bukan berbentuk pasar tradisional, melainkan pusat perbelanjaan modern dan megah tapi suasananya seperti di pasar karena ramai dan riuhnya pembeli yang sedang menawar harga. Beberapa diantaranya adalah: Pasar Tanah Abang, Mangga Dua, Belanja gadget dan handphone di Roxy, maupun belanja eketronik di Kota (dekat kawasan Kota Tua). Selain mengunjungi pasar-pasar tersebut, tempat wisata belanja murah yang lain berupa ITC yang tersebar di wilayah Cempaka Mas, Mangga Dua, Roxy dan di kawasan lain di selatan ibukota. Pada tempat wisata favorite baik kaum wanita ini, anda bisa menawar serendah mungkin apalagi jika membeli secara grosir. kami mengulas secara terpisah untuk tempat belanja murah dan unik ini.
Modern Mall
13. Mall Modern. Sebagai ibukota yang merupakan pintu gerbang negara Indonesia, kota ini memiliki banyak tempat wisata belanja berbentuk mall modern. Bahkan disinyalir bahwa Jakarta sebagai salah satu kota di dunia yang memiliki pusat perbelanjaan modern terbanyak. Biasanya, wisatawan datang mengagumi beberapa tempat diantaranya: Mall Senayan City, Central Park, Taman Anggrek, Mall of Indonesia, Kelapa Gading, Pluit, dan masih banyak lagi yang akan kami ulas secara terpisah.
Demikian informasi tempat wisata populer, unik dan direkomendasikan di wilayah Jakarta. Karena banyaknya obyek yang perlu anda kunjungi, maka perlu kami ulas secara terpisah. Dan untuk menemani perjalanan liburan anda di kota ini, anda dapat mengikuti saran dan tips dari kami.
Saran dan Tips
Adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengunjungi tempat menarik di ibukota Indonesia diantaranya:
  1. Perhatikan waktu secara seksama. Di kota Jakarta yang memiliki tingkat kemacetan yang sangat tinggi, maka saat anda menuju ke tempat wisata, hal yang paling menyita adalah waktu tempuh perjalanan. Untuk lokasi wisata dengan jarak kurang dari 10 kilometer saja, bisa ditempuh dalam dua jam. Jadi sebaiknya anda mengajak rekan yang paham tentang lalu lintas di ibukota agar dapat memandu anda ke tempat yang diinginkan. Pastikan atur jadwal kunjungan yang tidak terlalu banyak dalam satu hari, dan sebaiknya dikelompokkan berdasarkan area terdekat.
  2. Pilih penginapan atau hotel yang berada di dekat kawasan yang akan paling sering dikunjungi. Hal ini akan menghemat waktu anda yang berharga.
  3. Sediakan dana yang cukup dan cadangkan secara khusus. Karena sebagian besar tempat wisata modern di kota Jakarta mengenakan charges, dan bahkan penggunaan fasilitas umum juga tidak luput dari retribusi.
  4. Kota ini memiliki suhu yang cukup panas. Jadi pastikan anda menggunakan pelindung kepala dan jaket tipis tetapi mampu mengurangi sengatan matahari secara langsung.
  5. Jika anda berkeliling dengan menggunakan alat transportasi umum seperti busway maupun kereta api listrik (KRL), pastikan memiliki panduan yang jelas terhadap arah yang dituju. Dan tentu saja, tidak perlu membawa uang cash terlalu banyak karena beberapa titik di halte dan stasiun di jakarta yang dekat dengan tempat wisata cukup rawan dengan pencopetan dan penjambretan. Penggunaan taksi cukup nyaman tetapi cukup mahal bagi sementara wisatawan.
Demikian yang dapat kami sampaikan selamat berlibur!




Comments

Popular Posts