Tempat Wisata Yang Patut Dikunjungi di Provinsi Sumatera Utara


Custom Search
Berikut ini adalah sejumlah tempat wisata di Sumatera Utara paling terkenal dan patut Anda kunjungi.

Danau Toba
1. Danau Toba

Inilah danau vulkanis terbesar dan terluas di dunia. Popularitas wisata Danau Toba telah dikenal hingga ke dunia internasional, memberi kontribusi yang positif terhadap perkembangan daerah dan kehidupan masyarakat di sana.Panorama alam Danau Toba adalah satu yang paling memikat dari tanah Sumatera Utara dengan suasana sejuk menyegarkan, hamparan air jernih membiru, dan pemandangan memesona pegunungan hijau.


Anda dapat menikmatinya dari berbagai spot yang ada di kawasan wisata tersebut. Jarak dari Medan sekitar 6 jam perjalanan dengan kendaraan umum. Di tengah danau, terdapat sebuah pulau yang tak lain adalah ikon wisata Sumatera Utara, yaitu Pulau Samosir.

Kota terdekat dari danau ini yaitu Parapat. Kota ini berada pada semenanjung yang menonjol ke danau. Anda dapat menikmati pemandangan danau dengan menyewa sepeda untuk berkeliling di sepanjang pinggiran danau. Selain itu, berenang, olahraga air, hingga berkeliling dengan boat juga dapat Anda lakukan di sini. Jangan khawatir, sekitar danau ada banyak hotel, penginapan, guest house bagi pengunjung..


Alamat Danau Toba: Parapat, Sumatera Utara

Air Terjun Telaga Sibolangit
2. Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit

Anda perlu menempuh perjalanan selama 2 jam dari kota Medan untuk dapat sampai di kawasan wisata Sibolangit. Sibolangit adalah kawasan pegunungan yang sejuk, sebuah pilihan tempat wisata di Sumatera Utara yang penuh dengan keindahan alam. Jika Anda pencinta alam, berkunjung ke tempat ini akan menjadi sangat menyenangkan. Air Terjun Telaga Dwi Warna dapat Anda temukan di dalam hutan Sibolangit. Daya tarik air terjun ini yaitu pada dua warna yang dimiliknya, yaitu biru (air dingin) dan putih (air hangat).
Untuk dapat sampai di air terjun ini, Anda harus melakukan usaha yang cukup keras selama sekitar 3 jam dari Sibolangit. Kegiatan ini cukup melelahkan, namun menyenangkan bagi para pencinta alam. Di sini Anda bisa camping di areal air terjun. Perjalanan yang susah akan terbayar dengan pesona air terjun yang begitu indah.
Alamat Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit: Durin Sirugun, Kec. Sibolangit, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara

Maha Vihara Adhi Maitreya
3. Maha Vihara Adhi Maitreya

Orang Medan lebih sering menyebut nama vihara ini sebagai Vihara Cemara Asri karena lokasinya yang berada dalam kompleks perumahan Cemara Asri di kota Medan. Inilah vihara terbesar di Indonesia, berdiri begitu megahnya. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk dapat masuk ke tempat wisata di kota Medan ini. 
Maha Vihara Adhi Maitreya adalah sebuah tempat peribadatan agama Buddha, memiliki suasana yang asri, tertata rapi, dan terjaga kebersihannya. Berdiri di atas lahan seluas 4.5 hektar, bangunan vihara ini secara arsitektural adalah berkarakter ajaran Buddha Maitreya.
Saat masuk ke dalam vihara, Anda akan menemukan tiga buah patung suci, yakni patung Sang Buddha, Dewi Kwan Im, dan Hakim Bao. Berjalan-jalan mengelilingi vihara sambil berfoto adalah kegiatan yang paling populer dilakukan wisatawan selain tentu saja untuk tujuan beribadah bagi yang ingin melakukannya.
Alamat Maha Vihara Adhi Maitreya: Jl. Cemara Boulevard Utara No. 8 Komplek Cemara Asri (Desa Sampali, Percut Sei Tuan), Medan, Sumatera Utara

Pulau Samosir
4. Pulau Samosir

Inilah ikon pariwisata Sumatera Utara, terletak persis di tengah Danau Toba. Oleh karenanya, Pulau Samosir ini menjadi bagian yang tak terpisahkan dari Danau Toba. 
Di pulau ini juga merupakan salah satu tempat terbaik untuk mempelajari sejarah dan riwayat suku Batak. Di tempat wisata Sumatera Utara yang satu ini, Anda dapat menemukan banyak aksesoris, baju, hingga kain tradisional khas Batak yang dijual untuk umum. Tuktuk adalah sebuah daerah yang menjadi konsentrasi wisatawan saat mengunjungi pulau Samosir. Dari Parapat, Anda dapat tiba di Tuktuk ini dengan menyeberangi Danau Toba menggunakan kapal feri. Jika melalui darat, Anda dapat mengambil jalan lewat Pangururan untuk dapat sampai di Pulau Samosir. 
Menikmati wisata di Pulau Samosir dapat dilakukan dengan berkeliling menyusuri kawasan perbukitan hijau sembari menyaksikan panorama danau yang jernih dan berwarna kebiruan. Di Tuktuk, tersedia banyak penginapan di Pulau Samosir, mulai dari cottage hingga guesthouse.
Alamat Pulau Samosir: Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Istana Maimun
5. Istana Maimun

Istana Maimun adalah peninggalan Kerajaan Deli yang terkenal, sebuah istana berwarna kuning berdiri megah di tengah Kota Medan dan menjadi ikon kota metropolitan tersebut. Anda dapat menjumpai istana ini di Jalan Brigjen Katamso Kecamatan, Medan Maimun, Medan. Secara arsitektural, bangunan Istana Maimun didominasi warna kuning yang merupakan warna khas Melayu.
Saat memasuki tempat wisata di Medan yang satu ini, Anda dapat menyaksikan ragam koleksi yang dimiliki istana di masa lampau. Beberapa di antaranya adalah koleksi foto sultan, singgasana sultan, hingga sejarah Kerajaan Deli. Untuk dapat masuk ke Istana Maimun ini, Anda harus membayar tiket masuk sebesar IDR.8.000 per orang. Istana ini buka mulai dari pukul 8 pagi hingga 5 sore.
Alamat Istana Maimun: Jl. Brigadir Jendral Katamso, Medan, Sumatera Utara.

Pulau Nias
6. Pulau Nias

Nias memiliki reputasi dunia dengan pesona lompat batu dan kegiatan selancar. Dinding batu setinggi 2 meter dapat dilompati oleh pemuda setempat dengan begitu mudahnya. Ini adalah suguhan atraksi di Nias yang terkenal, dapat Anda temukan di desa Bawomatauo. Tradisi lompat batu di Pulau Nias lahir dari kebiasaan berperang antardesa masyarakat Pulau Nias. Di desa Bawatomataluo dan Hilisimae, ada juga pertunjukan tari perang tradisional dimana para penarinya mengenakan kostum tradisional dengan bulu burung berwarna cerah yang diikatkan di kepala mereka.
Selain itu, berselancar di Nias adalah salah satu yang terbaik di dunia dengan ombak besar yang menantang. Pulau Nias terletak di Samudera Hindia pada arah barat Pulau Sumatera. Gunung Sitoli merupakan kota yang menjadi salah satu sentral kepariwisataan di sana. Anda dapat menemukan Museum Pusaka Nias di kota ini dengan 6.500 koleksi benda budaya peninggalan Masyarakat Nias. Bersama dengan Danau Toba, Pulau Nias adalah beberapa tempat wisata di Sumatera Utara yang dikenal luas di mancanegara.
Alamat Pulau Nias: Pulau Nias, Sumatera Utara.

Gunung Sibayak
7. Gunung Sibayak

Gunung Sibayak merupakan gunung api yang masih aktif. Pesona wisata gunung ini terletak pada panorama alam yang begitu indah. Gunung Sibayak yang berada di Tanah Karo ini disebut juga Gunung Raja, merupakan tempat favorit bagi mereka yang ingin menyaksikan panorama indah kota Medan serta menikmati terbitnya matahari.
Untuk dapat sampai di Gunung Sibayak, Anda perlu melakukan perjalanan menuju Brastagi, berjarak sekitar 77 km dari kota Medan, dengan perjalanan selama sekitar 2 jam. Untuk dapat melakukan pendakian, Anda harus membayar tiket masuk Gunung Sibayak sebesar IDR.4.000 per orang.
Alamat Gunung Sibayak: Kecamatan Sei Bingai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

Air Terjun Sipiso Piso Tongging
8. Air Terjun Sipiso-Piso Tongging

Daya tarik air terjun Sipiso-Piso Tongging terletak pada ketinggian air terjun yang mencapai 120 meter dan terletak sangat dekat dengan Gunung Sipiso-Piso. Di kawasan air terjun ini, Anda dapat menyaksikan panorama indah Danau Toba serta keindahan alam yang ada di sana. Hanya saja, untuk dapat berada di bagian bawah air terjun ini, Anda harus menuruni 1000 anak tangga yang berliku-liku. Jika telah sampai ke bawah, Anda dapat menyaksikan keindahan air terjun Sipiso-Piso yang sebenarnya.
Alamat Air Terjun Sipiso-Piso Tongging: Desa Tongging, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Bukit Lawang
9. Bukit Lawang

Inilah sebuah tempat wisata di Sumatera Utara yang menyuguhkan kegiatan penjelajahan hutan menyaksikan dari dekat kehidupan satwa di alam bebas. Bukit Lawang adalah sebuah perwujudan hutan tropis, terletak dekat pintu masuk Taman Nasional Gunung Leuser. Kawasan wisata Bukit Lawang disukai banyak kalangan sebagai salah satu destinasi wisata alam yang menarik di Sumatera Utara. Tersedia banyak penginapan dan losmen. Kegiatan yang dapat dilakukan diantaranya trekking hingga rafting. Dari kota Medan, Anda perlu menempuh perjalanan selama sekitar 3 jam untuk dapat sampai di kawasan wisata Bukit Lawang ini.
Alamat Bukit Lawang: Kecamatan Bohorok, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

Air Terjun Sigura Gura
10. Air Terjun Sigura-Gura

Inilah air terjun tertinggi di Indonesia. Tinggi 250 meter dan berada di bentang alam dekat dengan Danau Toba. Udara sekitar yang dingin dan sejuk. Dari kejauhan, air terjun ini terlihat seperti curahan air raksasa dengan suara dentuman air yang terdengar dari kejauhan. Air terjun ini bersumber dari Sungai Asahan yang bermuara dari Danau Toba.
Aliran sungai dari air terjun Sigura-Gura ini kerapkali menjadi tempat kompetisi rafting di Indonesia dan dunia dengan aliran air yang deras dan berkontur bebatuan. Beberapa kegiatan populer selain rafting, tentu saja berkemah di areal air terjun.
Selain itu, berenang di sungai dekat air terjun tersebut adalah kegiatan yang hampir selalu dilakukan banyak wisatawan di samping berfoto dengan latar belakang air terjun dan bentang alamnya yang mempesona.
Alamat Air Terjun Sigura-Gura: Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara.

Taman Alam Lumbini
11. Taman Alam Lumbini

Taman Alam Lumbini terletak di kaki Gunung Sibayak, menjadi sebuah destinasi wisata Berastagi yang populer, serta memiliki keunikan berupa adanya sebuah pagoda yang merupakan pagoda tertinggi di Indonesia. Pagoda ini adalah replika Pagoda Shwedago yang ada di Myanmar. Ciri khas pagoda ini adalah stupa Buddha sepanjang 69 meter dan tinggi 46,8 meter. Terdapat lebih dari 2500 patung Buddha dan relief lainnya di kawasan wisata ini.
Kemegahan Pagoda di Taman Alam Lumbini ini terlihat karena bangunan diselimuti cat berwarna emas yang sangat cerah. Luas bangunannya juga besar dan mengitarinya adalah kegiatan yang menarik.
Taman Alama Lumbini memiliki panorama alam yang indah dengan hawa udara yang sejuk. Menyaksikan panorama taman alam dengan keunikan pagoda megah berwarna keemasan adalah sebuah hal yang sangat menarik. Anda tidak akan dikenai biaya untuk dapat masuk ke tempat wisata ini.
Alamat Taman Alam Lumbini: Desa Tongkoh, Kec. Dolat Rakyat, Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Bandara Medan : Kualanamu. Penerbangan dari Jakarta ke Medan sekitar 2 jam tanpa transit. 
Tips dan Saran
Untuk mencapai lokasi tujuan wisata, biasanya para pelancong harus menyewa taksi umum atau taksi tak resmi yang tentunya harganya cukup mahal. Jadi pelancong harus jeli dan hati-hati dalam menawar harga sewa.

Comments

Popular Posts