Tempat Wisata yang Patut Dikunjungi Kota Banda Aceh


Custom Search
Di bawah ini ada 5 tempat wisata di Banda Aceh yang patut dikunjungi oleh wisatawan domestik atau pun mancanegara.
Mesjid Baiturrahman
1. Mesjid Baiturrahman. Masjid ini masih kokoh berdiri walaupun sempat diterjang air tsunami yang dahsyat. Oleh karena itu, masjid ini menjadi tempat wisata di Banda Aceh yang sangat religius. Masjid raya ini dibangun oleh sultan Hasanudin yang sangat terkenal pada masa penjajahan Belanda. 



Dan masjid ini pula yang menjadi benteng pertahanan rakyat dalam melawan penjajah. Saat ini masjid Baiturrahman terus berbenah sebagai tempat wisata yang ada di pusat Kota Banda Aceh yang ramai dikunjungi oleh wisatawan muslim. Yang menjadi daya tarik dari masjid ini adalah 7 kubah dan 4 menara yang menawan serta di dalamnya terdapat batu marmer dari Italy yang menambah khas masjid Baiturrahman.

Pantai Lampuuk
2. Pantai Lampuuk. Pantai Lampuuk merupakan salah satu tempat wisata di Kota Banda Aceh yang memperkenalkan kita pada keindahan pantai di Aceh. Pantai ini lokasinya sangat terjangkau hanya 45 menit perjalanan dari pusat kota Banda Aceh atau berjarak 20 km dari pusat Kota. Pantai dengan hamparan panjang pasir putih menjadikan tempat bermain yang sangat memuaskan. Kadang banyak yang menyebut Pantai Lampuuk ini sebagai Kuta nya Aceh. Kegiatan di pantai ini yang bisa anda lakukan adalah berenang, bermiain pasir hingga banana boat tersedia di pantai ini.
Air terjun Blang Kolam
3. Air Terjun Blang Kolam. Keindahan tempat wisata Banda Aceh tidak hanya terletak pada pantainya saja melainkan keindahan alamnya juga. Terbukti dengan adanya tempat wisata berupa air terjun yang bernama Air Terjun Blang Kolam yang sangat indah dan masih sangat asri. Air terjun ini berada di Desa Sidomulyo, Kecamatan Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara. Tempatnya sejuk karena berada di antara lebatnya pepohonan alam Banda Aceh, sehingga sangat cocok bagi anda untuk merasakan udara sejuk nan alami. Namun di balik keindahan air terjun Blang Kolam, masih kurangnya perhatian dari pemerintah terhadap potensi tempat wisata ini. Terbukti dengan sulitnya akses jalan menuju tempat wisata air terjun ini dan juga kurangnya sarana pendukung seperti WC dan tempat ibadah bagi para pengunjung.


Danau Laut Tawar
4. Danau Laut Tawar. Tempat wisata di Kota Banda Aceh berikutnya adalah Danau Laut Tawar. Laut kok tawar? Ya, memang inilah salah satu keindahan dan keunikan tempat wisata di Banda Aceh. Danau Laut Air Tawar ini setidaknya ada 25 aliran anak sungai yang bermuara ke danau ini. Keadaan Air di danau ini sangat jernih ketika panasnya matahari menyinari danau ini. Semakin terik matahari maka akan semakin jernih air yang ada di danau ini. Anda dapat bersantai dan menikmati kuliner khas daerah Aceh di kawasan danau ini. Karena ikan yang ditangkap warga atau dibudidayakan di olah denga khas Banda Aceh. Dan anda dapat menikmati sembari bersantai di pinggir danau yang jernih. Danau ini berlokasi di di Dataran Tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah.
5. Museum Tsunami. Tidak lengkap rasanya jika anda berkunjung ke Kota Banda Aceh namun tidak menyempatkan diri untuk mampir ke Museum Tsunami Aceh. Museum ini sudah dibangun sejak tahun 2009, dalam rangka mengenang bencana Tsunami Aceh di tahun 2004 silam. Museum yang terletak di Jalan Sultan Iskandar Muda ini menjadi daya tarik bagi para wisatawan mancanegara. Museum ini bisa menjadi tempat edukasi tersendiri karena saat anda masuk ke dalam anda akan diajak merasakan suasana saat bencana Tsunami 2004 terjadi. Di sini anda juga bisa melihat foto-foto keadaan Aceh pasca bencana Tsunami.
Selain Museum Tsunami Aceh, ada beberapa tempat lagi yang bisa anda kunjungi untuk mengenang bagaimana Tsunami tahun 2004 bisa menyeret kapal sampai ke daratan berpuluh-puluh kilometer jauhnya. Di antaranya di daerah Punge Blang Cut terdapat Kapal PLTD Apung yang terseret Tsunami sejauh 50 km dari pelabuhan Ulee Lheue. Kemudian ada juga Kapal Boat Diatas Rumah Lampulo, kapal ini menjadi daya tarik tersendiri karena pada saat bencana Tsunami, kapal ini berhasil menyelamatkan setidaknya 59 nyawa. Dan masih banyak lagi sebenarnya tempat wisata di Kota Banda Aceh yang bisa anda jelajah. Semoga uraian singkat saya tentang tempat wisata di Banda Aceh bisa bermanfaat bagi anda.


Pantai Lhoknga
6. Pantai Lhoknga. Lokasi Pantai Lhoknga tak jauh dari Pantai Lampuuk, berjarak sekitar 20 km dari Banda Aceh. Pantai Lhoknga memiliki pasir yang luas dan landai, cocok anda gunakan untuk berjemur atau bermain voli pantai. Di sini juga terdapat pepohonan yang rindang untuk tempat anda bersantai. Jika anda kurang puas bersantai dan berjemur, anda bisa mencoba berselancar di lautnya. karena pantai ini memiliki ombak yang cocok untuk berselancar dengan ketinggian 1,5 - 2 meter. Pada waktu terjadi tsunami tahun 2004 yang lalu, gelombang pasang berasal dari pantai ini dan selanjutnya keganasan tsunami terus memasuki kota Banda Aceh melewati mesjid Baiturrahman. Patut diketahui bahwa struktur tanah di kota ini cenderung rata di seluruh kota. Akibatnya jika terjadi terjangan tsunami akan sulit mencari tempat tinggi selain rumah atau gedung bertingkat. Sehingga dalam musibah tahun 2004 itu banyak memakan korban yang hanya ke tengah laut. Dulu di pantai ini berdiri sebuah pabrik semen, yang letaknya tidak begitu jauh dari bibir pantai.


Pantai Ulee Lhee
7. Pantai Ulee Lhee. Pantai Ulee Lheue hanya berjarak sekitar 3 km dari pusat kota Banda Aceh, tepatnya berada di Kecamatan Meuraxa. Kegiatan paling populer di pantai ini yaitu memancing. Di kawasan pantai ini banyak terdapat penjual alat pancing jika anda lupa membawa alan untuk memancing. Jika anda tak suka memancing, anda masih bisa menyewa perahu nelayan untuk berlayar di lautnya. Atau juga duduk santai di tepi pantai dan menikmati jagung bakar. Terdapat barisan pegunungan yang ada di seberang pantai, sehingga menambah keindahan Pantai Ulee Lheue.

Bandara Banda Aceh: Sutan Iskandar Muda. Penerbangan menuju Banda Aceh biasanya dari Jakarta menggunakan pesawat besar kira-kira 1 jam 30 menit, setelah itu transit di Medan ganti dengan pesawat kecil menuju Banda Aceh dengan durasi penerbangan 1 jam.


Untuk mencapai lokasi tujuan wisata menggunakan bus, taksi, angkutan kota. 



Comments

Popular Posts