Persiapan Membatik 2


Custom Search
Melanjutkan bahasan sebelumnya, berikut ini informasi mengenai langkah-langkah yang perlu dipersiapkan sebelum membatik. 

Beberapa alat dan perlengkapan yang diperlukan, diantaranya :
Anglo atau kompor kecil

1. Keren (=anglo, atau bisa juga pakai kompor kecil) beserta wajan yang sudah diisi dengan lilin malam. Lilin malam dicairkan di dalam wajan di atas anglo. Pencairan harus sempurna, sampai lilin malam berwarna tua. Hal ini dimaksudkan agar lilin malam bisa lancar keluar melalui cucuk canting dan lilin malam dapat meresap dengan sempurna ke dalam mori. Api dalam anglo harus dijaga agar tetap membara, namun jangan sampai menyala karena bisa menjilat malam yang berada di dalam wajan.



Canting tulis

2. Canting.
Canting digunakan untuk menutupi kain dengan lapisan malam. Tujuannya agar pada saat pewarnaan kain yang tertutup lapisan malam ini tidak terkena warna.
Ada berbagai macam canting yang diperlukan dalam proses mencanting. Ada canting “klowongan”, canting “isen”, canting “cecekan”, canting “tembokan”, dsb. Dalam mengoperasikannya, perlu diperhatikan cara memegangnya. Cara memegang canting berbeda dengan cara memegang pensil atau ballpen. Perbedaan itu disebabkan karena ujung cucuk canting bentuknya melengkung dan berpipa besar, sementara pensil atau ballpen lurus.



Dengan canting ini, malam mendidih yang berada di dalam wajan diciduk dan dibatikkan di atas mori. Sebelum dibatikkan, sebaiknya mori ditiup terlebih dahulu dengan maksud untuk menghilangkan cairan malam yang membasahi cucuk canting. Cucuk canting yang berlumuran cairan malam akan mengurangi baiknya goresan, terutama ketika permukaan canting diproseskan pada mori.
Kain mori

Mordanting

3. Mori
Sebelum dibatik, mori perlu melewati proses “mordanting”. Mori direndam dulu dengan cairan mordan. Tujuannya adalah untuk menghilangkan kanji serta lemak-lemak yang menempel pada kain. Setelah selesai direndam, mori dijemur sampai kering.

Kemudian mori diletakkan di atas gawangan dekat anglo. Pembatik duduk di antara gawangan dan keren atau anglo. Biasanya, gawangan ditempatkan di sebelah kiri, sementara anglo ditempatkan di sebelah kanan pembatik.

Sumber: Internet

Comments

Popular Posts