Tempat Wisata Yang Patut Dikunjungi di Makassar dan Sulawesi Selatan



Custom Search
Makassar adalah ibu kota provinsi Sulawesi Selatan. Makassar merupakan kota Internasional serta terbesar di kawasan Indonesia Timur. Makassar terletak di pesisir barat daya Pulau Sulawesi. Makassar mempunyai tempat wisata dengan pemandangan yang sangat indah. Berikut ini daftar Tempat Wisata Terbaik di Makassar yang wajib anda kunjungi :


Pantai Losari

1. Pantai Losari. Pantai Losari merupakan salah satu tempat wisata favorite. Ombaknya memang tidak besar tetapi suasana dan banyaknya penjual makanan seperti pisang epe yang dijajakan di sini selalu membuat wisatawan kangen dan selalu kembali ke pantai Losari. 



Pantai Losari tidak memiliki pasir. Jika Anda datang, Anda akan menemui beton di tepiannya. Tidak ada pasir bukan berarti pantai ini tak layak dikunjungi, ada banyak hal lain yang menarik dari tempat wisata ini. Tempat wisata di Makassar ini ramai dikunjungi setiap hari terutama saat akhir pekan. Pada pagi hari, banyak yang menjadikannya sebagai lintasan jogging, sedangkan pada sore hari, banyak yang menunggu momen matahari terbenam sambil berwisata kuliner di sini.


Pantai Akkarena

2. Pantai Akkarena. Selama ini kebanyakan orang hanya mengenal Pantai Losari. Padahal Makassar memiliki pantai lain yang tak kalah indah, yaitu Pantai Akkarena. Pantai Akkarena ini terletak di pesisir Tanjung Bunga, tak jauh dari Pantai Losari. Daya tarik Pantai Akkarena yang baru dibuka pada tahun 1998 ini adalah sebuah dermaga sepanjang 150 m. Dermaga ini digunakan sebagai tempat berlabuh kapal-kapal yang membawa wisatawan ke pulau-pulau di sekitar laut Makassar. Dari dermaga ini pula kita dapat menyaksikan indahnya matahari terbenam. Pantai Akkarena juga menyediakan berbagai fasilitas, seperti olahraga air jetskii, flying fish, banana boat, taman hidangan, loker, dan tempat parkir yang cukup luas.


Tanjung Bira

3. Tanjung Bira. Pantai ini berada cukup jauh yaitu sekitar 200 km dari kota Makassar. Jarak ini tak akan berarti saat Anda sudah menginjakkan kaki di atas pasirnya. Tanjung Bira terkenal dengan pasirnya yang selembut dan seputih bedak bayi serta airnya yang jernih kebiruan. Keindahan tempat wisata ini tak hanya dikenal oleh wisatawan domestik saja, tapi juga wisatawan mancanegara. Mereka biasa berenang, berjemur, snorkeling atau hanya duduk menikmati pemandangan terbit dan tenggelamnya matahari. Jika lupa membawa alat snorkeling.



Pulau Lae-lae

4. Pulau Lae-Lae. Pulau Lae-Lae merupakan sebuah pulau kecil peninggalan Jepang yang hanya dihuni oleh sekitar 2000 jiwa. Anda dapat mencapai Pulau Lae-Lae ini dengan menggunakan motor boat dari dermaga di depan Fort Rotterdam. Paling-paling hanya butuh sekitar 10-15 menit. Di Pulau Lae-Lae ini sebenarnya terdapat situs sejarah peninggalan perang berupa terowongan bawah tanah, namun sayang sekali jalan masuknya telah tertimbun. Di Pulau Lae-Lae Anda dapat menyewa balai bambu untuk bersantai sembari menatap pemandangan indah Pulau Lae-Lae. 


Pulau Kodingareng Keke

5. Pulau Kodingareng Keke. Pulau Kodingareng Keke berjarak sekitar 14 km dari kota Makassar, merupakah sebuah pulau yang tak berpenghuni. Daya pikat utama tempat wisata Makassar yang satu ini adalah pada air lautnya yang jernih dan bergradasi mulai dari warna biru muda, toska, hingga biru tua. Juga,  alam bawah laut yang mempesona dengan aneka biota laut yang indah. Inilah juga salah satu tempat menyelam di Makassar yang disukai banyak pecinta snorkel. Di Pulau Kodingareng Keke tidak tersedia fasilitas publik seperti halnya yang ada di Pulau Samalona. Anda harus membawa perbekalan makanan dan minuman jika ingin menikmati pesona indah pulau di Makassar ini. 


Pulau Bulupoloe

6. Pulau Bulupoloe. Daya tarik utama yang terpancar dari Pulau Bulupoloe yang menjadikannya sebagai salah satu objek wisata yang patut dikunjungi adalah keindahan alam pegunungan serta keasrian bahari. Bentangan pantai dengan pasir putih yang mengitari pinggiran pulau menjadi nilai tambah tersendiri. Selain itu, beberapa tempat di Pulau ini terdapat sumber air tawar yang semakin menambah keunikan pulau ini. Pesona Laut yang disajikan Pulau Bulupoloe ini semakin menambah kagum karena kondisi pantainya yang masih sangat alami dan belum terkontaminasi polusi.



Pulau Kapoposang

7. Pulau Kapoposang. Merupakan salah satu dari gugusan kepulauan Spermonde dimana pulau ini memiliki gugusan terumbu karang yang sangat indah dengan menyimpan beranekaragam biota laut yang menarik. Terletak di Desa Mattiroujung, Kecamatan Liukang Tupabiring, dapat dijangkau dengan menggunakan speed boat sekitar 90 Menit ke arah barat laut Makasar.




Comments

Popular Posts